Cara Mengatasi Saluran Air dan WC Mampet

Tips & Trick Mengatasi dan Mencegah Saluran Air dan WC Mampet

sedotwc.eu.org-Saluran air yang mampet adalah masalah pipa rumah yang umum, hampir setiap perlengkapan saluran pipa air di rumah Anda bisa mampet atau tersumbat. Mulai dari kamar mandi, WC/toilet, wastafel dan saluran pembuangan lainnya

Mengetahui cara mencegah saluran air yang tersumbat akan membantu menjaga sistem perpipaan Anda dalam kondisi yang baik. Mempelajari cara membersihkan saluran pembuangan juga akan membantu, sebelum Anda menghubungi servis dari tukang ledeng atau jasa tukang sedot wc mampet.


Saluran WC Mampet

Penyebab Saluran Air Mampet

Penyebab saluran mampet diantaranya dari makanan dan zat yang tidak terurai, seperti makanan berserat, cangkang telur, dan bahan non-makanan, bersama dengan lemak dan minyak, akan menumpuk di pipa Anda dan menyumbat saluran pembuangan Anda seiring waktu. Membiarkan selokan yang mampet tidak tertangani bahkan dapat menarik hama seperti lalat dan kecoa sehingga menganggu kenyamanan Anda.

Selain itu, rambut dapat mengalir ke saluran pembuangan saat mandi atau saat mencuci rambut di wastafel sehingga menyebabkan saluran pembuangan tersumbat. Selain keramas, menyisir dan mengguntingnya di atas bak cuci juga lama kelamaan akan membuat saluran air mampet.

Sabun adalah penyebab lainnya. Sabun itu sendiri mengandung minyak atau lemak, tetapi jika bercampur dengan rambut dan zat lain, sabun dapat membentuk gumpalan padat yang menyumbat saluran pembuangan Anda.

Pipa pembuangan yang mampet disebabkan juga karena membuang tisu toilet dalam jumlah berlebihan atau membuang kertas, tampon, putung rokok, pembalut dan benda lain ke toilet.

Faktor laipenyebab saluran air/WC mampet diataranya
  • Isi volume pada septictank melebihi batas maksimal
  • Pori-pori tanah pada resapan sudah tidak mampu menyerap air
  • Pipa saluran air mengempis bahkan pecah

Cara Mengatasi Saluran Air Mampet

Periksa filter saluran pembuangan

Jika Anda menemukan rambut atau kotoran lain, lepaskan filter, bersihkan, lalu pasang kembali.

Menggunakan alat penyedot

Tutupi saluran pembuangan dengan alat penyedot sehingga ujung-ujungnya tersegel, lalu dorong masuk dan tarik keluar, memaksa air naik turun pipa. Jika sumbatan ada di bak cuci, alirkan air setidaknya dua inci sebelum menggunakan penyedot.

Menggunakan pipa

Jika saluran pembuangan masih tersumbat setelah Anda mencoba alat penyedot, Anda harus menggunakan pipa. Dorong pipa ke saluran pembuangan, putar saat bergerak di tikungan. Ujung pipa mendorong rambut dan sumbatan lainnya sehingga Anda dapat menariknya keluar.

Jika langkah diatas tidak berhasil, segera hubungi jasa sedot wc dan saluran mampet terdekat.

Tips Saluran Air Tetap Lancar

Cara terbaik untuk menjaga saluran tetap bersih dan aman adalah dengan membatasi apa yang Anda masukkan ke dalamnya .

  • Jauhkan makanan, ampas kopi, dan minyak dari saluran pembuangan dapur.
  • Taruh sisa makanan di tempat sampah atau tumpukan kompos, bukan tempat pembuangan air.
  • Tuang minyak cair ke dalam wadah yang bisa ditutup. Setelah dingin, buang ke tempat sampah atau bawa ke pusat daur ulang.
  • Jauhkan buih rambut dan sabun dari saluran pembuangan kamar mandi. Tutupi bak mandi dan saluran air pancuran Anda dengan saringan kasa atau penangkap rambut saluran air mandi berlubang. Salah satunya akan mengumpulkan rambut dan membiarkan air mengalir.
  • Penangkap rambut saluran air mandi dapat terbuat dari baja tahan karat, silikon, atau kombinasi keduanya. Cara lain agar rambut tidak menyumbat saluran pembuangan shower adalah dengan mengganti sumbat bak mandi dengan yang memiliki sekat bawaan.
  • Sikat rambut Anda sebelum Anda mandi atau berendam. Proses ini menghilangkan rambut rontok dan mencegahnya menyumbat saluran pembuangan kamar mandi.
  • Perhatikan apa yang Anda siram. Toilet dirancang untuk menangani kotoran manusia. Membilas material yang padat, berserabut, atau besar dapat menyebabkan penyumbatan.
  • Benang gigi, produk kesehatan wanita, dan limbah rumah tangga lainnya harus dibuang ke tempat sampah.



Cara Menjaga Saluran Air Tetap Bersih

Bersihkan saluran air Anda seminggu sekali.
Cabut sumbatan pop-up di wastafel kamar mandi Anda, singkirkan semua kotoran di saluran pembuangan, dan bilas sumbat sebelum memasangnya kembali. Lepaskan sumbat saluran air dari saluran air pancuran atau bak mandi Anda dan gunakan kawat bengkok atau sikat penahan rambut untuk menghilangkan rambut dan kotoran lainnya.

Membersihkan saluran pembuangan bak mandi.
Lepaskan pelat luapan dan angkat rakitan pop-up untuk mencapai pegas atau lengan ayun. Singkirkan semua rambut atau kotoran lainnya dan bilas rakitan pop-up dengan baik sebelum memasangnya kembali.

Gunakan pembersih saluran bakteri.
Tidak seperti pembersih saluran kimia, pembersih saluran bakteri dapat terurai secara hayati dan tidak korosif, sehingga tidak akan merusak pipa Anda.

Mencegah saluran air kamar mandi, toilet, wastafel adalah cara terbaik untuk menjaga agar saluran pembuangan tetap bersih sepanjang tahun. Yang diperlukan hanyalah pembersihan rutin dan perawatan berkala.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url